Salah satu karakteristik utama dalam pelayanan adalah bahwa layanan
tersebut tidak dapat disimpan untuk digunakan atau dijual kembali dikemudian
hari (tidak tahan lama). Kesempatan dalam menjual kamar hotel dalam 1 waktu tertentu
jika terlewatkan tentunya akan menjadi “rusak”. Hal ini tentunya berpengaruh
kepada revenue hotel, untuk memaksimalkan revenue kamar hotel adalah:
- Menerapkan sistem dynamic price, perubahan harga kamar sesuai dengan jumlah tingkat hunian kamar (occupancy). Pada saat low season, hotel dapat menerapkan harga yang rendah untuk meningkatkan occupancy hotel, sebaliknya pada saat high season hotel menerapkan harga yang tinggi untuk memaksimalkan occupancy hotel tersebut.
- Memberikan penawaran harga special untuk perusahaan atau pemerintahan, sumber tamu hotel sebagian berasal dari perusahaan dan pemerintahan. Banyaknya permintaan kamar hotel dari Lembaga tersebut menjadi faktor utama bagi hotel untuk menjalin hubungan kerjasama yang baik.
- Menciptakan paket promosi, selain kamar hotel juga memiliki beberapa produk lain yang bisa digabungkan menjadi sebuah paket promosi yang bisa ditawarkan kepada tamu.Contohnya seperti paket wedding dengan menggabungkan produk ballroom dengan produk f&b serta kamar hotel.
Komentar
Posting Komentar