Langsung ke konten utama

Perishability


Salah satu karakteristik utama dalam pelayanan adalah bahwa layanan tersebut tidak dapat disimpan untuk digunakan atau dijual kembali dikemudian hari (tidak tahan lama). Kesempatan dalam menjual kamar hotel dalam 1 waktu tertentu jika terlewatkan tentunya akan menjadi “rusak”. Hal ini tentunya berpengaruh kepada revenue hotel, untuk memaksimalkan revenue kamar hotel adalah:
  1. Menerapkan sistem dynamic price, perubahan harga kamar sesuai dengan jumlah tingkat hunian kamar (occupancy). Pada saat low season, hotel dapat menerapkan harga yang rendah untuk meningkatkan occupancy hotel, sebaliknya pada saat high season hotel menerapkan harga yang tinggi untuk memaksimalkan occupancy hotel tersebut.
  2. Memberikan penawaran harga special untuk perusahaan atau pemerintahan, sumber tamu hotel sebagian berasal dari perusahaan dan pemerintahan. Banyaknya permintaan kamar hotel dari Lembaga tersebut menjadi faktor utama bagi hotel untuk menjalin hubungan kerjasama yang baik.
  3. Menciptakan paket promosi, selain kamar hotel juga memiliki beberapa produk lain yang bisa digabungkan menjadi sebuah paket promosi yang bisa ditawarkan kepada tamu.Contohnya seperti paket wedding dengan menggabungkan produk ballroom dengan produk f&b serta kamar hotel.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Task 3 (STRUKTUR ORGANISASI)

Didalam sebuah struktur organisasi perusahaan terdapat 3 tingkatan strategi yang dibuat bedasarkan level -nya masing-masing dan memiliki fungsi berbeda yaitu Functional Level , Sub-Business Unit , dan Corporate Level. A. Gambaran dan Perbedaan 1.        Functional Level Tingkatan paling rendah dalam struktur organisasi. Tingkatan strategi ini memiliki tujuan yang lebih spesifik pada area fungsional untuk nantinya mendukung strategi unit bisnis. Area fungsional meliputi departemen-departemen yang terdapat di unit bisnis, jika di dalam industri perhotelan seperti Front Office, Housekeeping, Engineering, Finance, Food & Beverage Service, dan Food & Beverage Production . Fuctional Level biasanya dihasilkan dan dievaluasi oleh kepala departemen seperti Front Office Manager, Executive Housekeeper, Financial Controller, Chief Engineer, Food & Beverage Manager, dan Executive Chef. Individu tersebut dapat memastikan komponen fungsional ini m...