Levels of
product dapat diidentifikasi menjadi 3 bagian, setiap level-nya menambah nilai pelanggan
Core Customer
Value
Hal yang menjadi
faktor tamu membeli sebuah produk yang merupakan gambaran tentang nilai dan manfaat
dari produk yang dihasilkan.
Actual Product
Merupakan
produk yang telah dihasilkan yang melibatkan pengembangan fitur produk, desain,
tingkat kualitas, nama merek serta kemasan.
Augmented Product
Menawarkan
layanan dan manfaat tambahan kepada konsumen/tamu setelah produk tersebut
dibeli. Dapat berupa garansi, after-sale service, product support serta
instruksi tentang cara penggunaan produk dan lain sebagainya.
Suatu produk harus memiliki konsep levels of product
karena sebenarnya produk itu lebih dari apa yang sebenarnya kita lihat ketika
telah membelinya. 3 tingkatan yang telah dijelaskan diatas terlibat dalam
proses pembelian apapun. Ini juga berarti bahwa ketika pamasar mengembangkan
produk, yang pertama harus dilakukan adalah mengidentifikasi nilai pelanggan
itu sendiri. Apa yang dibutuhkan pelanggan, dan masalah apa yang mereka miliki?
Kemudia mereka harus merancang produk dan menemukan cara untuk meningkatkan produk
tersebut untuk menciptakan nilai pelanggan dan pengalaman yang memuaskan bagi
pelanggan tersebut.
references: https://marketing-insider.eu/three-levels-of-product/
references: https://marketing-insider.eu/three-levels-of-product/
Komentar
Posting Komentar