a.
Perbedaan dari masing-masing bauran promosi (Promotion Mix)
- Advertising (periklanan)
Advertising menjadi sarana berkomunikasi bagi penjual masal (tidak
spesifik ditujukan untuk individu atau kelompok). Bertujuan untuk mencapai
orang-orang dan memasuki daerah pemasaran baru untuk menyebarkan informasi
tentang produk dan perusahaan.
- Public Relation
Public relation adalah aktivitas untuk
membangun citra positif dan brand image perusahaan
yang kuat di mata publik atau konsumen secara umum. Perusahaan membuat program
atau kegiatan promosi yang dapat dikemas ke dalam sebuah tulisan yang memiliki
nilai berita agar menarik perhatian
media massa untuk diliput tanpa dipungut biaya apapun. Contohnya ikut
berpartisipasi dalam kegiatan sosial dengan memakai atribut perusahaan.
- Direct Marketing
Direct marketing merupakan
penggunaan berbagai media non-personal untuk berinteraksi langsung tanpa adanya perantara dengan konsumen yang
secara spesifik ditargetkan agar mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan.
Teknik promosi ini mampu menciptakan hubungan baik dengan pelanggan dan menghasilkan
sales volume yang tinggi dengan biaya yang relatif rendah.
- Personal Selling
Dalam personal selling terjadi komunikasi langsung dapat penyajian
presentase pribadi secara langsung antara penjual dengan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk dan
membentuk pemahaman yang dapat menarik minat calon pembeli. Dari komunikasi yang
berisfat individual ini penjual dapat langsung melakukan penyesuaian tentang
keinginan dan kesukaan calon pelanggan.
- Sales Promotion
Sales Promotion merupakan
berbagai insentif jangka pendek
sebagai pendorong efektifitas pembelian konsumen. Dapat berupa contoh produk
(sample), voucher, diskon, pameran, demonstrasi, dll.
b. Saat
yang tepat untuk memakai masing-masing bauran promosi (Promotion Mix)
- Advertising : Tidak ada waktu-waktu khusus, artinya advertising dapat dilakukan kapan saja karena ditujukan untuk masyarakat luas.
- Public Relation : Saat yang tepat untuk menggunakan strategi ini salah satunya pada acara tahunan yang bisa dirayakan dengan membuat rangkaian kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).
- Direct Marketing : Dapat dilakukan di waktu-waktu tertentu dan diperlukan screening agar tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan dari konsumen.
- Personal Selling : Dilakukan saat perusahaan hendak memperkenalkan suatu produk kepada konsumen yang dinilai potensial sekaligus menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan konsumen.
- Sales Promotion : Dilakukan pada waktu, tempat dan situasi tertentu contohnya pemberian sample secara cuma-cuma kepada calon konsumen, memberikan potongan harga langsung maupun berupa voucher, kupon berhadiah di perayaan hari-hari besar, atau melakukan cuci gudang ketika produk dinilai sudah kurang diminati.
c. Dalam
industri perhotelan cara promosi yang paling cocok dilakukan adalah advertising dan public relation. Karena setiap hotel ingin produk yang dimilikinya
dikenal kepada masyarakat luas dan cara promosi seperti advertising adalah
tepat karena bersifal masal. Hotel juga ingin menciptakan citra positif dan
membangun brand image yang kuat di masyarakat sehingga public relation merupakan
strategi yang tepat.
Komentar
Posting Komentar