Langsung ke konten utama

Ujian Akhir Semester 6

Strategi Pemasaran

a.       Strategi Pemasaran yang dipakai untuk memenangkan mindshare dari pelanggan
  • Segmenting atau yang sering dikenal dengan segmentasi pasar merupakan kegiatan mengklasifikasikan pasar ke dalam kelompok pelanggan sesuai dengan variabel segmentasi sehingga kegiatan pemasaran  dapat dilakukan lebih terarah dan memperoleh hasil yang maksimal dalam memberikan kepuasan kepada konsumen. Ada 4 variabel segmentasi yang harus diperhatikan antara lain aspek demografis, geografis, psikografis dan perilaku.
  • Targeting merupakan tindakan mengevaluasi daya tarik dan minat dari beragam segmen pasar, kemudian membidik satu atau beberapa segmen pasar yang akan dijadikan sebagai target pasar.
  • Positioning atau penempatan produk, adalah cara mengembangkan strategi pemasaran yang bertujuan untuk mempengaruhi segmen pasar agar produk dapat menempati kedudukan benak konsumen dalam menghadapi persaingan. Penentuan posisi pasar menunjukkan bahwa suatu produk bisa dibedakan dari pesaingnya.
Strategi pemasaran STP ini sangat penting bagi hotel karena dengan strategi ini hotel akan mendapatkan keuntungan untuk kebutuhan target revenue dan mampu bersaing dengan kompetitor karena memiliki aspek diferensiasi yang akan memenuhi kebutuhan target pasarnya.



b.       Perbedaan segmentasi hotel dahulu dengan sekarang
Perbedaan segmentasi pasar di industri perhotelan dahulu dengan sekarang jelas terlihat pada variabel segmentasinya, dimana cara segmentasi yang lama sebagian besar hotel hanya memiliki satu segmen berdasarkan aspek demografis dan geografis. Dapat dibuktikan dengan jenis hotel yang sebatas business hotel dan resort/leisure. Sekarang, segmentasi pasar hotel dibuat lebih fokus pada segmen yang menguntungkan dengan menambahkan aspek psikografis dan perilaku dimana terlihat dengan munculnya berbagai inovasi untuk menarik pasar yang lebih spesifik lagi contohnya salah satu properti dari Marriott yaitu Moxy Hotel yang terletak di Dago, Bandung. Jelas terlihat bahwa Moxy membidik pasar generasi millennial mulai dari konsep hingga pelayanan yang diberikan kepada tamu. 

c.       Cara hotel menentukan harga untuk segmen pasar yang sudah dipilih 
Harga khusus segmen dapat diimplementasikan untuk segmen yang telah ditentukan hotel dengan rate yang sesuai. Caranya adalah:
  • Best Available Rate (BAR)  : Harga BAR pada dasarnya adalah harga terendah yang tersedia untuk setiap tanggal yang ditawarkan kepada tamu. Akibatnya, tamu dapat membayar harga yang berbeda setiap malam. Harga ini ditawarkan untuk semua tamu dari berbagai segmen.
  • A Negotiated Rate : Harga yang berasal dari kesepakatan antara 2 pihak yaitu hotel dengan sebuah perusahaan. Beda perusahaan, artinya beda kesepakatan dan tentunya harga yang ditetapkan pun akan berbeda. Saat proses penetapan harga, biasanya berupa win-win solution untuk semua pihak. Hotel harus menawarkan harga berdasarkan persyaratan dan ketentuan tertentu, yang disepakati antara hotel dengan perusahaan.
  • Tour Operator Rate : Prinsip dasarnya dama dengan negotiated rate, namun biasanya akan ada penambahan diskon apabila memberikan nilai tambah bagi hotel. Tour operators lebih fokus kepada wisatawan yang sedang berlibur.


Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Task 3 (STRUKTUR ORGANISASI)

Didalam sebuah struktur organisasi perusahaan terdapat 3 tingkatan strategi yang dibuat bedasarkan level -nya masing-masing dan memiliki fungsi berbeda yaitu Functional Level , Sub-Business Unit , dan Corporate Level. A. Gambaran dan Perbedaan 1.        Functional Level Tingkatan paling rendah dalam struktur organisasi. Tingkatan strategi ini memiliki tujuan yang lebih spesifik pada area fungsional untuk nantinya mendukung strategi unit bisnis. Area fungsional meliputi departemen-departemen yang terdapat di unit bisnis, jika di dalam industri perhotelan seperti Front Office, Housekeeping, Engineering, Finance, Food & Beverage Service, dan Food & Beverage Production . Fuctional Level biasanya dihasilkan dan dievaluasi oleh kepala departemen seperti Front Office Manager, Executive Housekeeper, Financial Controller, Chief Engineer, Food & Beverage Manager, dan Executive Chef. Individu tersebut dapat memastikan komponen fungsional ini m...