Strategi Pemasaran
a.
Strategi Pemasaran yang dipakai untuk
memenangkan mindshare dari pelanggan
- Segmenting atau yang sering dikenal dengan segmentasi pasar merupakan kegiatan mengklasifikasikan pasar ke dalam kelompok pelanggan sesuai dengan variabel segmentasi sehingga kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan memperoleh hasil yang maksimal dalam memberikan kepuasan kepada konsumen. Ada 4 variabel segmentasi yang harus diperhatikan antara lain aspek demografis, geografis, psikografis dan perilaku.
- Targeting merupakan tindakan mengevaluasi daya tarik dan minat dari beragam segmen pasar, kemudian membidik satu atau beberapa segmen pasar yang akan dijadikan sebagai target pasar.
- Positioning atau penempatan produk, adalah cara mengembangkan strategi pemasaran yang bertujuan untuk mempengaruhi segmen pasar agar produk dapat menempati kedudukan benak konsumen dalam menghadapi persaingan. Penentuan posisi pasar menunjukkan bahwa suatu produk bisa dibedakan dari pesaingnya.
b. Perbedaan segmentasi hotel dahulu dengan sekarang
Perbedaan segmentasi pasar di industri perhotelan dahulu
dengan sekarang jelas terlihat pada variabel segmentasinya, dimana cara
segmentasi yang lama sebagian besar hotel hanya memiliki satu segmen berdasarkan
aspek demografis dan geografis. Dapat dibuktikan dengan jenis hotel yang
sebatas business hotel dan resort/leisure. Sekarang, segmentasi pasar hotel
dibuat lebih fokus pada segmen yang menguntungkan dengan menambahkan aspek
psikografis dan perilaku dimana terlihat dengan munculnya berbagai inovasi
untuk menarik pasar yang lebih spesifik lagi contohnya salah satu properti dari
Marriott yaitu Moxy Hotel yang terletak di Dago, Bandung. Jelas terlihat bahwa
Moxy membidik pasar generasi millennial mulai dari konsep hingga pelayanan yang
diberikan kepada tamu.
c.
Cara hotel menentukan harga untuk segmen pasar yang sudah dipilih
Harga khusus segmen dapat diimplementasikan untuk segmen yang
telah ditentukan hotel dengan rate yang
sesuai. Caranya adalah:- Best Available Rate (BAR) : Harga BAR pada dasarnya adalah harga terendah yang tersedia untuk setiap tanggal yang ditawarkan kepada tamu. Akibatnya, tamu dapat membayar harga yang berbeda setiap malam. Harga ini ditawarkan untuk semua tamu dari berbagai segmen.
- A Negotiated Rate : Harga yang berasal dari kesepakatan antara 2 pihak yaitu hotel dengan sebuah perusahaan. Beda perusahaan, artinya beda kesepakatan dan tentunya harga yang ditetapkan pun akan berbeda. Saat proses penetapan harga, biasanya berupa win-win solution untuk semua pihak. Hotel harus menawarkan harga berdasarkan persyaratan dan ketentuan tertentu, yang disepakati antara hotel dengan perusahaan.
- Tour Operator Rate : Prinsip dasarnya dama dengan negotiated rate, namun biasanya akan ada penambahan diskon apabila memberikan nilai tambah bagi hotel. Tour operators lebih fokus kepada wisatawan yang sedang berlibur.
Referensi
Komentar
Posting Komentar